Rafting Sabah – Kadamaian River

Pengen ngisi liburan dengan kegiatan yang seru, banyak ketawa, bisa dilakukan beramai-ramai dan tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Rafting jawabannya. Bisa basah-basahan, ketawa-ketawa sampai tegang-tegang sebelum masuk jeram. Gue bakalan cerita pengalaman seru rafting di sungai Kadamaian, Sabah.

Pinneng, me and Abek our leader from Indonesia

Sabah memang cukup serius menggarap wisata alamnya. Sebut saja Gunung Kinabalu yang terkenal dengan keindahannya. Gunung berpuncak marmer yang mengharuskan para pendaki mendaftar 6 bulan sebelumnya untuk menjajal punggungnya yang indah (intip-intip cerita kami mendaki gunung Kinabalu disini ).

Belum lagi nama Sipadan yang seakan sudah menjadi jaminan mutu bagi para penyelam. Hmmm, belum pernah melihat dengan mata kepala sendiri sih, semoga kesempatan itu bakal datang.

Nah, ternyata gunung Kinabalu bisa dinikmati tidak saja dengan cara didaki, tapi dari jarak jauh sembari rafting. Tuh, kurang seru apalagi coba. Asal lokasi raftingnya di sungai Kadamaian yaaa..

Letaknya ga jauh dari Kota belud (kok jadi laper ya denger nama kotanya). Dengan suasana yang asri dan bersih, rafting sungai Kadamaian yang memiliki grade 2-3, cocok untuk liburan keluarga. Jeramnya lebih santai dibanding sungai Padas, bisalah lah melewatinya sambil teriak-teriak seru.

Tips untuk menikmati rafting :

  • Gunakan pakaian yang ringan tidak menyerap air seperti rashvest, celana boardshort (yang biasa dipakai surfing) atau legging berbahan lycra, baik panjang maupun pendek.
  • Topi bisa disimpan dulu karena kita wajib menggunakan helm, nanti malah ribet kalau terhalang topi. Oya, pastikan helm yang dipakai berukuran pas ya, kalau kebesaran bakalan ribet kerena merosot melulu.
  • Pakai alas kaki yang masalah kalau kena basah, seperti booties atau sendal gunung. Jangan pakai sepatu kanvas atau wedges 😀 kalau perlu ga usah pakai sepatu juga oke.
  • meskipun main air dan rasanya pasti dingin, sunblock ga boleh dilupakan yaaaa. Nggak pengen kan kelar rafting muka malahperih-perih.
  • Bawa kamera waterproof, lebih enak sih yang actioncam dipakein housing karena kecil, bisa dipakein stick jadi bisa diselipin ke life jacket kalau lagi perlu dua tangan.
  • Barang-barang kecil yang harus dibawa misalnya handphone atau cemilan, bisa dititip ke skipper yang bertanggung jawab mengendalikan raft.

 

Nah, air sungai Kamadamaian ini lumayan dingin (mungkin itu karena gue aja yang terlalu tropis), tapi seger banget. Pemandangan sepanjang pengarungan juga sangat menyenangkan. Kalau cuaca cerah, kita bisa melihat puncak Kinabalu sembari ber-rafting ria.

Tonton keseruan kita rafting Kadamaian river disini

 

Kalau berminat mampir kesini ceki-ceki operatornya deh

Xtreme Paddlers

1st floor, Kompleks Sukan Tun Adnan, Yayasan Sabah HQ

kota Kinabalu 88450

+60 11-1010 7262

www.travelritetours.com

Leave a Reply