Paskah big day out

Pic by Andris ( www.indosurfoto.com)

Ada rencana besar yang diset untuk liburan Paskah kali ini. Patokan hari yang diberikan sekitar satu bulan sebelumnya dari teman baru kami di Singapore ternyata tepat pada saat ombak flat di Jawa Barat. Biasanya kami kecewa, tapi kali ini berbeda!!! Malah kami mengharapkan hari hari flat untuk menjalankan rencana besar ini. Kami akan menyusuri sepanjang pantai selatan disekitar Pangandaran! Tidak pernah terpikirkan sebelumnya kalau kami akan menemukan spot lain disamping spot biasa tempat kami surfing.

Total jumlah kami bertujuh, dengan dua mobil. Tepat pukul 22.00 saya, Andryz dan Nabel menjemput teman baru yang kami kenal dari Facebook di bandara Soekarno Hatta. Dengan bag papannya yang besar akhirnya Mike Lim sampai juga di Jakarta. Selamat datang di scene surfing Jawa Barat, teman! Tanpa banyak menunggu kami langsung menuju jalan tol Cikampek kearah Bandung, dimana kami akan bertemu dengan teman-teman di mobil yang satu lagi, Ivan Handoyo, Albert dan Tetty.

Perjalanan Bandara sampai ke Pangandaran memakan waktu 8 jam! Beberapa dari kami yang belum terbiasa dengan waktu tempuh yang luar biasa itu terus bertanya tanya “are we there yet?”. Tapi setengah dari perjalanan dihabiskan dengan ngobrol ngalor ngidul, maklum ada teman baru yang di interview habis habisan dan sebaliknya..

Sekitar pk 5.00 kami akhirnya sampai di Pangandaran dan langsung ke Mini Tiga, penginapan teman kami, Leo. Ternyata kami tidak diberikan kesempatan beristirahat dulu, begitu teman teman kami yang tergabung dalam kloter pertama bangun di penginapan itu, mereka langsung mengajak kami ke spot yang baru mereka temukan kemarin. Tadinya rasa kantuk membuat saya berpikir dua kali untuk langsung mengiya kan ajakan itu, tapi berhubung semua ikut, masa saya ketinggalan kereta? No way! Jadilah kami cuma menaruh barang, dan menyambar boardshort serta legrope, langsung berangkat lagi.

Hari sudah terang ketika kami menuju ke timur dari Pangandaran. Memasuki area pesisir saya benar benar penasaran, kira kira mana ya ombak yang bisa dipakai? Ternyata kami tidak terlalu jauh menyusuri. Setelah parkir di bawah pepohonan kelapa yang banyak menaungi pantai, kami segera melihat ombak itu. Menurut pandangan saya sih mirip sekali dengan point Peak yang ada di Aceh, tetapi lebih tebal, cepat dan tidak terlalu panjang. Dari pantai kelihatannya tidak telalu besar. Leo dan Fridoun sudah lebih dulu masuk, sementara yang lain bersiap siap.

Setelah ada skala perbandingan dengan manusia, ombak itu tidak terlihat kecil lagi. Sangat lumayan malah. Benar benar ombak barrel! Take off dengan penuh komitmen. Makanya spot ini kami beri nama : Sucker. Nama itu sangat cocok dengan karakter ombaknya, menghisap semua yang ada didepannya, jangan sampai telat take off kalau tidak mau nenyusuri jajaran karang di depannya. Leo benar benar menghabiskan semua ombak disini, terutama yang berukuran besar dengan elevator drop nya. Melihat bentuk nya nyaris nyaris serangan jantung saya!

Setelah puas, kami kembali ke Mini Tiga dan mati suri kecapean.. Hari pertama yang mengesankan. Malam harinya kami barbeque dengan tiga ekor ikan yang ternyata tidak habis dibagi ber tigabelas juga. Perfect day!

Keesokan paginya, hari kedua, kami bersiap siap dari pukul 04.00 dan kali ini rute kami adalah menyusuri bagian barat dari Pangandaran. Penyusuran kali ini tidak semudah yang dibayangkan. Sepertinya kami salah waktu, ternyata spot spot yang ada lebih bagus pada saat surut, semetara saat itu masih pasang. Tapi kami memutuskan mencoba beberapa spot, salah satunya tempat Dede dan Mikala serta Mus main. Menurut saya ombak di spot ini masih sepupu jauh dengan ombak di Teahupoo. Mirip sekali, kiri, tebal dan barrel…

Sekali lagi Leo rocks here! Ada juga Didin, local pangandaran yang ikut. Wah ternyata ombak di sepanjang garis pantai yang ini tidak mengenal kata flat ya.. Setelah puas di wipe out dan sport jantung disini kami memutuskan jalan balik, siapa tau ada spot lain yang lebih ramah yang bisa kami mainkan. Kami berhenti dan main di satu spot lagi, tapi benar benar windy dan choppy, perpaduan yang sangat merugikan. Akhirnya kami harus mengakui, penyusuran hari ini tidak terlalu sukses, terlebih lagi kita harus ekstra hati hati di daerah ini karena salah satu teman kami kehilangan barangnya di mobil yang sudah dipstikan terkunci.

Untuk menghibur diri kami memutuskan mampir ke Batu Karas dan bermain long board. Suasana tenang dan fun di batu karas selalu bisa mengembalikan mood positif. Tetty teman kami sampai ketagihan mencoba long board disini. Mike, the Singaporean guy, juga terpesona melihat batu karas yang menurutnya mirip sekali dengan cherating, tapi dibalik.

Hari ketiga kami kembali ke point Sucker untuk fotosesion. Kali ini spot ini sengaja dipilih karena karakternya yang sangat fotogenik. Tapi point ini memang tidak pernah mengecewakan. Selalu buat penasaran, karena buat kami tidak semua ombak bisa diambil dengan mudah. Kadang wipe out, kadang juga berhasil.

Akhirnya weekend berakhir, satu mobil harus kembali ke Jakarta. Tapi saya, Andrys, Mike dan Tetty memutuskan untuk memperpanjang hingga dua hari lagi. Kami pindah ke Batu Karas, ke rumah salah satu teman kami. Situasi masih tetap flat sehingga kami memutuskan mencoba ke beach break di Batu Hiu. Wow, tidak sia sia kami kesana, ombak kanannya sangat rapih dan pastinya lumayan ber power. Kami hanya main ber lima selama hampir dua jam penuh. Aaah.. ini lah yang nikmat dari Jawa Barat, ombak nya masih berlebih untuk semua orang. Dan sorenya sesi longboard lagi di Batu Karas.

Hari terakhir, hari kelima, akhirnya saya mengajak Mike menikmati ombak eksklusif di Reef, yang hanya bagus pada musim hujan. Senangnya bisa menyuguhkan ombak beraneka ragam pada tamu.

Dari Batu Karas kami pulang ke Jakarta, langsung ke bandara untuk mengantarkan Mike. Kami sampai bandara pas sejam sebelum jam penerbangan, sehingga dia bisa check in dengan aman. Yeah, trip ini memang luar biasa dengan banyak nya pengalaman baru, persis seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya. Selamat Paskah!!